Mengetahui Masa Subur Menggunakan Kalender

ovulasi

Hamil yaitu satu masa dari mulai terjadinya pembuahan dalam rahim seorang wanita sampai proses persalinan bayi. Kehamilan terjadi ketika seorang wanita melakukan hubungan seksual pada masa ovulasi atau masa subur dan sperma pria pasangannya akan membuahi sel telur matang wanita.

Kehamilan adalah masa yang dinantikan oleh setiap pasangan suami istri yang menginginkan hadirnya seorang anak di dalam keluarganya. Dengan kehadiran buah hati, keluarga akan lebih berwana dihiasi oleh canda tawa anak, nada riang anak, dan keluarga akan semakin lengkap.

Tetapi, ada kalanya pasangan suami istri merasa kecewa dikarenakan kehamilan yang dinantikan tak kunjung datang. Sulitnya untuk hamil bisa menyebabkan stress yang mendalam pada pasangan suami istri. Banyaknya hambatan yang membuat mereka susah untuk memperoleh kehamilan dimulai dari persoalan Kesuburan, tingkat psikologi mereka, disfungsi hormon, dll.

Akan tetapi ada kalanya kehamilan tidak mereka peroleh karena mereka tidak melakukan hubungan. Mereka tidak tahu, kapan masa subur perempuan hingga peluang untuk berlangsung ovulasi makin besar.

Cara Menghitung Masa Subur sangat berarti untuk mereka yang menginginkan hamil serta untuk menunda kehamilan. Untuk yang menginginkan kehamilan, masa subur dapat jadikan patokan untuk lakukan hubungan seksual karena waktu ini ovulasi tengah berlangsung hingga kemungkinan hamil sangat besar.

Sedang untuk yang akan menunda kehamilan, masa subur adalah masa yang perlu dihindari untuk menghindar terjadinya kehamilan. Banyak cara dan metode yang bisa dipakai untuk tahu kapan masa subur itu, yaitu :

Cara Mengetahui Masa Subur Menggunakan Kalender

Cara memastikan masa subur dengan memakai perhitungan kalender ada dua langkah yakni :

Untuk yang siklus haidnya teratur, masa subur berjalan 14 +/- 1 hari haid selanjutnya. Berarti masa subur berjalan pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum masa tanggal haid yang akan tiba.

Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka yang harus dilakukan mencatat panjang siklus haid sekurang kurangnya 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan didapatkan hari subur paling akhir dalam siklus haid itu. Sedang dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, didapatkan hari subur pertama dalam siklus haid itu.

Contoh : siklus terpanjang = 31, sedang siklus terpendek = 26, maka masa subur bisa dihitung, 31 – 11 = 20, serta 26 -18 = 8, jadi masa subur berjalan pada hari ke 8 hingga hari ke 20.

Cara Menghitung Masa Subur dengan memakai alat Penghitung Masa Subur

Banyak software yang masa ini beredar yang bisa dipakai untuk menghitung masa subur. Dalam alat itu anda tinggal memasukkan tanggal Hari Pertama Haid Paling akhir (HPHT) kemudian akan muncul tanggal perkiraan masa subur seseorang.
Sofware ini tidak hanya untuk mengetahui masa subur akan tetapi software ini dapat juga dipakai untuk mengetahui :
Masa Menstruasi


KB Kalender : Masa di mana tingkat kesuburan rendah yang bisa dipakai untuk hindari kehamilan.


Masa Ovulasi : Masa di mana sel telur keluar serta siap untuk dibuahi.


Konsepsi Bayi Lelaki : Masa di mana peluang besar untuk merencanakan kehamilan bayi kelamin lelaki.


Konsepsi Bayi Perempuan : Masa di mana peluang besar untuk merencanakan kehamilan bayi kelamin perempuan.


Semoga bermanfaat.

7 Replies to “Mengetahui Masa Subur Menggunakan Kalender”

  1. Ping-balik: 2porcelain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.